Tuesday, 20 December 2016

Artikel Pendidikan Matematika



Pelajaran matematika diberikan di setiap jenjang pendidikan sehingga menunjukkan bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika masih kurang memuaskan, khususnya di Indonesia.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah, diantaranya adalah kegiatan pembelajaran di sekolah yang biasanya hanya menekankan pada transformasi informasi faktual, guru yang cenderung menggunakan metode ceramah, guru yang kurang menuntut peserta didik untuk menyampaikan gagasan yang mereka miliki sehingga kemampuan peserta didik  dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi matematis, rendah. Padahal, kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika karena komunikasi matematis bisa membantu peserta didik dalam memerankan situasi, menggambar, menggunakan objek, memberikan laporan dan penjelasan verbal mengenai konsep matematika. Selain itu, kemampuan komunikasi matematis sangat bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kemampuan komunikasi matematis tersebut jarang mendapat perhatian.

Berdasarkan uraian di atas, saya ingin melakukan pengkajian mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui artikel berikut. Semoga artikel berikut bermanfaat bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment