Pelajaran matematika diberikan di setiap jenjang pendidikan sehingga menunjukkan bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika masih kurang memuaskan, khususnya di Indonesia.
Ada banyak faktor yang
mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah, diantaranya adalah kegiatan
pembelajaran di sekolah yang biasanya hanya menekankan pada transformasi
informasi faktual, guru yang cenderung menggunakan metode ceramah, guru yang
kurang menuntut peserta didik untuk menyampaikan gagasan yang mereka miliki
sehingga kemampuan peserta didik dalam
berkomunikasi, khususnya komunikasi matematis, rendah. Padahal, kemampuan
komunikasi matematis merupakan hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan
dalam pembelajaran matematika karena komunikasi matematis bisa membantu peserta
didik dalam memerankan situasi, menggambar, menggunakan objek, memberikan
laporan dan penjelasan verbal mengenai konsep matematika. Selain itu, kemampuan
komunikasi matematis sangat bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan
matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kemampuan komunikasi matematis
tersebut jarang mendapat perhatian.
Berdasarkan uraian di atas, saya ingin melakukan pengkajian mengenai
kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui
artikel berikut. Semoga artikel berikut bermanfaat bagi para pembaca.
No comments:
Post a Comment